5 Bahan Pelengkap yang Menjadikan Mie Ayam Terasa Lebih Lezat


Mie ayam merupakan makanan yang diadaptasi dari bakmi yang menjadi kuliner khas Tionghoa. Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya memang menyukai mie, langsung jatuh hati pada kuliner yang bisa ditemukan dengan mudah ini. Kebanyakan mie ayam dijual oleh pedagang kaki lima dan tempat makan pinggir jalan karena kuliner ini masuk dalam jajaran road nourishment favorit masyarakat Indonesia. Tapi tak jarang juga kamu menemukan mie ayam yang dijual direstoran. Saat menyantap mie ayam, tentunya ada bahan-bahan pelengkap yang bisa menambah sensasi cita rasa wisata kuliner medan mie ayam jadi lebih enak seperti yang ada di bawah ini! 


1. Daging Ayam Kecap 

Bukan mie ayam namanya jika tak ada daging ayam yang selalu dijadikan topping. Daging ayam yang dijadikan topping biasanya daging ayam yang dipotong kotak-kotak kecil lalu dimasak dengan bumbu kecap yang terdiri dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, sereh, salam, lengkuas, dan pastinya kecap. Ayam dimasak hingga matang dan airnya menyusut. Topping daging ayam inilah yang bisa membuat mie ayam jadi lebih kaya citarasanya. 

2. Sayuran Hijau 

Untuk menambah nilai gizi yang ada pada mie ayam, penambahan sayuran hijau sangatlah penting. Tak hanya untuk menambah nilai gizi, penambahan sayuran hijau juga bisa membuat tekstur mie ayam jadi lebih beragam. Jenis sayuran hijau yang sering digunakan adalah sawi hijau dan daun bawang. Penambahan daun bawang bisa menambah smell mie ayam jadi lebih wangi sehingga bisa memicu nafsu makan. 

3. Bakso 

Bakso tak hanya enak disantap bersama dengan kuah, tapi juga sedap disantap dengan mie ayam. Tekstur bakso yang kenyal bisa menambah kelezatan mie ayam yang sudah dipadu dengan sayuran hijau dan daging mie ayam kecap. Jenis bakso yang biasanya dijadikan pelengkap adalah bakso sapi kecil biasa (bukan bakso urat atau bakso telur). Dua hingga tiga buah bakso diletakkan di dalam mangkok kecil lalu diberi kuah mie ayam dan taburan daun bawang. 

4. Pangsit Rebus dan Goreng 

Selain bakso, ada pangsit yang menjadi menu pelengkap mie ayam. Pangsit terbuat dari kulit pangsit yang di dalamnya diisi dengan cincangan daging atau udang kemudian dilipat dan dimasak hingga matang. Jenis pangsit ini ada dua yakni pangsit rebus yang biasa disajikan bersama dengan bakso dan kuah. Lalu pangsit goreng yang memiliki tekstur renyah dan kriuk. 

5. Ceker 

Terakhir ada ceker yang juga sering menjadi bahan pelengkap mie ayam. Ceker ini biasanya dimasak bersama dengan daging ayam kecap. Berhubung tak banyak orang yang suka menyantap ceker, maka penyajian ceker quip selalu dipisah dengan daging ayam kecap. Ceker yang disajikan di mie ayam memiliki tekstur yang sangat lembut dengan tulang lunak. 

Itu dia lima bahan pelengkap yang bisa bikin mie ayam terasa lebih lezat. Dari kelima bahan di atas, kamu lebih sering menambahkan yang mana nih, teman PergiKuliner? Sekalian yuk, coba mie ayam-mie ayam di bawah ini!

Komentar

Postingan Populer