Mina Tragedy: Kesaksian dari lapangan



Travel Umroh Terbaik Dengan Travel Wisata Halal

Berbagai laporan lapangan dari sejumlah orang - termasuk sejumlah BBC, yang berada di lokasi kecelakaan Mina, ketika lebih dari 700 peziarah tewas dan lebih dari 800 orang terluka terperangkap dan diinjak-injak.

'Orang-orang jatuh untuk membantu' - Tchima Illa Issoufou, Layanan Hausa BBC
"Orang-orang bergerak menuju gundukan jumrah, sementara yang lain datang dari arah yang berlawanan. Kemudian situasi menjadi kacau dan tiba-tiba orang mulai jatuh. Ada peziarah dari Nigeria, Niger, Chad, dan Senegal dan beberapa negara lainnya. Mereka saling bertukar tanjakan ke pindah ke tempat yang aman dan itulah mengapa banyak orang meninggal.

"Orang-orang memanggil nama Tuhan sementara yang lain menangis, termasuk anak-anak dan bayi. Mereka jatuh ke tanah untuk meminta bantuan tetapi tidak ada yang membantu.

"Ini semua seperti menyelamatkan dirimu sendiri. Kami kehilangan anggota kelompok. Aku kehilangan bibi dan, pada saat itu, dua wanita dari kelompok kami - ibu dan putrinya - menghilang."

'Tubuh sejauh mata memandang' - Bashir Sa'ad Abdullahi, BBC
"Dari tempat saya berdiri, di sini di pusat Mina, saya bisa melihat tubuh tertutup kain putih. Polisi telah membarikade area itu sehingga saya tidak bisa menghitung jumlahnya, tetapi mayat itu terlihat sejauh mata saya bisa melihat .


"Di sekitar daerah itu, sejumlah kerabat berkumpul dalam duka dan peziarah lainnya di kota tenda Mina juga datang untuk melihat mayat dan menyampaikan belasungkawa dan berdoa. Polisi berusaha untuk menghentikan orang yang melewati daerah itu karena mereka masih menangani mayat dan ambulan masuk dan keluar dari sana.

"Helikopter itu juga terbang di atas area tempat mayat-mayat itu berada."

'Semacam tumbukan' - Yusuf Ibrahim Yakasai, BBC Hausa Service
"Seorang saksi yang selamat dari insiden itu mengatakan bahwa apa yang sebenarnya terjadi adalah keamanan Saudi menutup salah satu jalan ke Jamarat (tempat pelemparan jumroh).

"Ini terjadi ketika ribuan jamaah dari berbagai negara seperti Iran, Kamerun, Ghana dan Niger akan melempar jumroh. Jadi, mereka yang baru saja selesai melemparkan batu kembali ke arah yang sama, bertabrakan dengan jemaat baru akan melempar batu.

"Ada tabrakan antara dua kelompok yang bergerak ke arah yang berlawanan di jalan yang sama. Mereka yang terjebak di tengah adalah orang-orang yang paling terpengaruh."

'Jalan ditutup karena Raja Saudi ziarah' - seorang dokter Inggris yang tidak ingin disebutkan namanya
"Tadi malam, saya baru saja kembali dari Muzdalifa ke Jamarat dengan keluarga saya di kereta. Kami tiba di stasiun lebih awal dari yang lain dan kereta itu ditunda. Akhirnya ada banyak orang berkumpul di stasiun. Ketika kereta tiba di 02:00 , ada kekacauan ketika jemaat lelah mencoba naik.

"Dalam perjalanan, kereta berhenti di suatu tempat, di suatu tempat, selama setengah jam. Orang-orang mulai gelisah dan beberapa mencoba untuk membuka pintu darurat karena semua sesak nafas karena panas dan kelelahan. Akhirnya kami tiba di Jamarat dan setelah melempar batu, kami pergi, dan mendengar beberapa jam kemudian bahwa tragedi ini terjadi.

"Saya kemudian tahu mengapa kereta itu tertunda. Itu karena Raja Arab Saudi melakukan ziarah dan mereka tidak ingin orang lain masuk ke Mekah. Mereka menghentikan kereta dan menutup jalan. Dan ketika dia selesai, semua orang mencoba untuk masuk bersama. "

'Keamanan lebih dari cukup' - Taheer Zaman dari Dewsbury, Inggris
"Pengaturan pemerintah Saudi luar biasa. Kami tidak bisa menyalahkan mereka. Ada banyak antisipasi keamanan. Saya telah beberapa kali haji dalam 20 tahun terakhir. Tahun ini saya datang dengan istri, putra, putra-in -kepala, dan ibu mertua.

"Dari apa yang saya lihat di lapangan, dalam 10 hari terakhir, ada pengaturan yang sangat baik dari pemerintah Saudi. Kita tidak bisa menyalahkan mereka ...

"Saya melihat seorang lelaki pingsan karena kepanasan dan kelelahan dan 10 petugas kesehatan segera berlari berlari untuk membantunya. Di setiap eskalator ada orang yang membantu mereka yang kelelahan. Tindakan pengamanan lebih dari cukup. Bahkan saya akan mengatakan itu berlebihan . "

Komentar

Postingan Populer