Manfaat Jus Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh



Jus jeruk dengan rasa dan tampilan terbaik di kota Medan hanya ada di MIE AYAM JAMUR MAHMUD

Minum jus jeruk saat cuaca panas bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain menyegarkan, jus jeruk dikenal sebagai yang paling kaya akan manfaat kesehatan.

Semua manfaat jus jeruk dapat dikaitkan dengan kandungan gizi mereka, serta vitamin dan mineral termasuk vitamin C, A, B1, asam folat, kalium, serat, protein, tembaga, magnesium, flavonoid, hesperidin dan berbagai vitamin dan mineral lainnya. yang membuatnya menjadi salah satu buah yang paling berharga dan kaya nutrisi. Dalam hal kalori, jus jeruk memiliki 47 kalori dalam porsi 100 ml. Berikut beberapa manfaat jus jeruk untuk kesehatan.

Sistem kekebalan

Jeruk telah lama dikenal sebagai pembangkit listrik yang memiliki sifat penyembuhan, dan salah satu sumber terkaya vitamin C yang dapat Anda tambahkan ke asupan tubuh Anda. Satu jeruk memiliki lebih dari 200 persen kebutuhan vitamin C tubuh.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, berfungsi sebagai antioksidan utama dalam tubuh, dan menghancurkan atau menetralisir radikal bebas sebelum dapat merusak sistem tubuh.

Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk merangsang aspek lain dari sistem kekebalan tubuh. Selain itu, asam askorbat adalah salah satu komponen dasar kolagen, yang diperlukan untuk memperbaiki sel dan untuk pertumbuhan jaringan baru di dalam tubuh.

Mencegah kanker

Seperti disebutkan, vitamin C bertindak sebagai antioksidan, dan salah satu fungsi antioksidan terpenting adalah mencegah kanker. Antioksidan menjaga sel DNA sehat agar tidak bermutasi menjadi sel kanker. Jadi antioksidan seperti vitamin C adalah garis pertahanan pertama untuk kanker dan penyakit serius lainnya.

Detoksifikasi

Jus jeruk juga sangat tinggi vitamin A, yang berfungsi sebagai antioksidan moderat dan mendetoksifikasi tubuh dengan memperbaiki fungsi ginjal. Vitamin A telah lama dikaitkan dengan manfaat kesehatan mata. Menambahkan cukup vitamin A ke makanan Anda juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk melihat di malam hari. Satu cangkir jus jeruk memiliki hampir 50 persen dari asupan harian tubuh Anda.

Memperlancar sirkulasi darah

Ada aspek lain yang sangat kuat dari jus jeruk, yaitu kandungan asam folatnya. Asam folat adalah anggota dari kompleks dalam kelompok vitamin B, yaitu vitamin B9. Vitamin penting ini sangat baik dalam pembentukan DNA dan pertumbuhan sel baru.

Folat juga menjaga sel-sel agar tetap aman dari mutasi, yang merupakan salah satu cara radikal bebas merusak tubuh. Selain itu, folat memainkan peran dalam membangun sel darah merah baru, sambil merangsang aliran darah ke ekstremitas.

Ini berarti bahwa sistem organ teroksigenasi dengan baik dan bekerja dengan kapasitas penuh. Ini mendukung metabolisme seluruh tubuh dan semua fungsi sistem lebih efisien.

Kurangi peradangan

Buah jeruk sering disebut sebagai agen anti-inflamasi, serta jus jeruk. Makan makanan tinggi lemak dan berlemak dapat menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh. Jika dibiarkan tidak terkendali, ini akan mengarah pada perkembangan resistensi insulin.

Ini adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 2 dan atherosclerosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus jeruk dapat menghambat resistensi insulin dengan mengurangi peradangan, sehingga melindungi jantung dan memastikan perlindungan kardiovaskular secara keseluruhan.

Mengurangi tekanan darah

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jus jeruk mengandung antioksidan yang disebut hesperidin. Selain melindungi tubuh dari kanker, antioksidan ini juga memiliki dampak besar pada pengurangan tekanan darah dan kemungkinan penyakit kardiovaskular.

Menyeimbangkan kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyebab paling berbahaya penyakit kardiovaskular. Jus jeruk telah terbukti mengurangi keberadaan dan efek kolesterol \"jahat\" karena meningkatkan jumlah kolesterol \"baik\" dalam tubuh.

Perlu diingat, meskipun jus jeruk kaya akan manfaat, tetapi jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Jus jeruk, seperti kebanyakan jus jeruk, cukup asam, begitu banyak asam di dalam tubuh dapat mengganggu lambung.

Selain itu, karena jeruk memiliki kandungan glikemik yang relatif tinggi, minum terlalu banyak jus jeruk dapat menyebabkan fluktuasi besar dalam kadar gula darah Anda, yang dapat menyebabkan tingkat energi bervariasi sepanjang hari, dan dapat menyebabkan komplikasi bagi pasien diabetes atau pra-diabetes.

Jadi, jika Anda ingin mendapat manfaat dari buah jeruk, Anda harus mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar. Anda dapat makan buah buah langsung, dengan memeras air, atau jika Anda ingin membuat jus Anda dapat menambahkan madu alami.

Komentar

Postingan Populer